Memetik Kisah Teladan dari Kehidupan Imam Mahdi [4]

91.jpg

Selama Masa Ghaiba Imam Mahdi Ajf

Imam Keduabelas kita, Imam Muhammad al-Qaim al-Mahdi Ajf kini menjalani masa ghaibah. Ghaiba artinya adalah bahwa Imam Mahdi Ajf tersembunyi dari pandangan kita atas perintah dari Allah Swt.

 Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah manfaat dan faedah dari seorang Imam yang tidak dapat terlhat oleh pandangan mata. Jawabannya,  ketiadaan atau ghaibah Imam Mahdi Ajf persis ibarat matahari yang masih saja bermanfaat dan memberikan faedah kepada kita walaupun ia tersembunyi di balik awan-awan. Demikian juga bahwa ketiaadan atau ghaibah Imam Mahdi Ajf masih memberikan manfaat dan faedah kepada kita meskipun ia tidak terlihat dari pandangan kita.

Kendati kita tidak dapat melihat Imam Mahdi Ajf, namun ia dapat melihat kita. Ia mengetahui salat dan doa-doa kita, tindak-tanduk kita, dan masalah-masalah yang kita hadapi. Setiap orang Mukmin yang benar-benar meminta pertolongan darinya, ia akan menerima pertolongan dan musaadah (bantuan) dari Imam Mahdi Ajf.

Masa ghaiba Imam Mahdi Ajf terbagi menjadi dua bagian:

1.   1.   Masa ghaiba al-Sughra (ghaib minor atau ghaib kecil)

2.  2  . Masa ghaibah al-Kubra (ghaib mayor atau ghaib besar)

Ghaibat al-Sughra (ghaib minor) bermula setelah Imam Mahdi Ajf memimpin salat jenazah ayahandanya, Imam Hasan al-Askari, hingga wafatnya keempat naibnya (wakil). Ghaibat al-Sughra ini berlangsung selama 68 tahun.

Ghaibat al-Kubra (ghaib mayor atau ghaib besar) bermula semenjak kematian empat wakilnya hingga hari ini.

Selama masa ghaibat al-Sughra (gaib minor atau ghaib kecil), meskipun kaum Muslimin tidak dapat melihat Imam Mahdi Ajf, mereka dapat berkomunikasi dengannya melalui 4 wakilnya. Adapun keempat wakil Imam Mahdi Ajf adalah sebagai berikut:

§       1.     Utsman bin Said

§        2.  Muhammad bin Utsman

§       3.   Husain bin Rauh

§         4.   Ali bin Muhammad Sammari

Beberapa hal yang harus kita lakukan selama masa ghaibat al-Kubra adalah sebagai berikut:

§             1.     Menjadi seorang Muslim yang baik semampu kita

§              2.   Berdoa untuk keselamatan Imam Zaman Ajf dan memberik sadaqah untuk keselamatannya

·            3.   Berdoa kepada Allah Swt untuk menyegerakan kemunculannya, sehingga ia muncul dan memenuhi semesta dengan keadilan dan perdamaian

·            4.   Pada saat terjera kesulitan, carilah pertolongan dari Imam Mahdi Ajf dengan menulis surat kepadanya dan mengubur suratmu.

·             5.       Kapan saja nama Imam Zaman Ajf disebutkan, kalian harus berdiri, menaruh tangan kananmu di atas kepalamu dan tundukkan kepalamu. Engkau juga harus membaca salawat setelah namanya disebut.

Sumber Rujukan:

Jawadi, Nuqâsy-e-‘Ismat, hal.  663

Mutiara Hadis dari Imam Muhammad al-Qaim al-Mahdi Ajf:

“Faedah dan manfaat yang didapatkan oleh orang-orang dariku selama masa ghaibat adalah ibarat faedah dan manfaat yand didapatkan oleh mereka dari matahari, kendati tersembunyi di balik awan.”

Milad Agung Imam Mahdi Ajf 15 Sya’ban 1428 H/29 Agustus 2007 semoga menjadi hari bahagia buat Anda dan semoga kemunculannya pada tahun ini menjadi puncak kebahagiaan Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: