Memetik Kisah Teladan dari Kehidupan Imam Hasan al-Mujtaba [4]

imam-hasan5.jpg

Menghadapi Kemarahan Dengan Santun

Suatu waktu seorang pengikut Mua’wiyah datang dari Suriah ke Madinah. Ketika dia melihat Imam Hasan Mujtaba As, dia mulai memaki dan mendamprat Imam Hasan.

Perlakuannya terhadap Imam Hasan As lantaran di Suriah, Mua’wiyah menyebarkan dusta dan berita palsu tentang Imam ‘Ali As untuk menjelekkan namanya. Orang-orang Suriah sudah lama berada di bawah kekuasaan Mu’wiyah sehingga mereka percaya dusta dan kepalsuan yang disampaikan oleh Mua’wiyah dan tidak mengerti kedudukan tinggi Ahlul Bait As.

Di Suriah, kaum Muslimin tidak memberikan nama-nama seperti ‘Ali, Hasan dan Husain kepada anak-anak mereka lantaran mereka mendengar banyak hal-hal buruk tentang mereka.

 Imam Hasan al-Mujtaba As mengetahui bahwa orang Suriah yang berlaku kasar kepadanya telah disesatkan oleh Mua’wiyah dan orang-orang sebangsanya.

Jadi, Imam tidak berkata apapun dan mendengarkannya dengan baik. Para pengikut Imam hendak menghajar orang tersebut atas apa yang telah dia katakana, akan tetapi Imam meminta mereka untuk membiarkan orang Suriah itu pergi.

Imam Hasan kemudian berbalik kepada orang itu dan menyapanya dengan ucapan “Salam”. Imam  mengundang orang itu ke kediaman beliau untuk makan dan istirahat karena dia pasti letih setelah melakukan perjalanan jauh.

Ketika orang ini melihat perlakuan sempurna Imam, dia menyadari bahwa apa yang disampaikan oleh Mu’awiyah kepadanya adalah tidak benar.

Dia merasa malu atas apa yang telah dikatakannya kepada sang Imam. Dia mulai menangis lalu berkata, “Allah Swt niscaya menempatkan Nubuwwah dan Imamah kepada orang-orang tetbaik.”

Orang itu memohon permintaan maaf dari Imam. Kemudian setelah itu, bilamana dia mendengar seseorang berkata-kata jelek tentang Imam, maka dia akan membenarkannya.

Sumber Rujukan:

Allamah Majlisi, Bihar al-Anwar, bag. Keutamaan Imam Hasan As.

Mutiara Hadis Imam Hasan al-Mujtaba As:

“Ajarkanlah ilmu kepada orang lain dan belajarlah ilmu dari orang lain sehingga akan dapat membawa ilmumu ke tangga kesempurnaan.” Biharul Anwar, vol 78, hal. 111

Milad Agung Imam Hasan al-Mujtaba, 15 Ramadhan 1428 H/27 September 2007, semoga menjadi hari bahagia buat Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: